5 SEBAB TIDAK DI BERI TTD SAAT PENGISIAN SKU


Salam pramuka....!

Mengisi SKU, " SARAT KECAKAPAN UMUM"  SKU sendiri adalah buku yang berisi materi - materi pramuka yang telah di pelajari seorang peserta didik di tingkatan nya,  baik siaga, pengalang dan penegak. Kalok udah ngisi SKU berarti masa - masa sulit anda akan terlewati setingkat lebih tinggi, SKU itu penting bagi anak pramuka karena menunjukan,  kemampuan ilmu kepramuakaan yang telah di Dapat. Mereka bisa atau tidak, dan pantas atau tidak di lantik sesuai golongan nya,  kalok siaga, ya siaga mula, kalok pengalang ya ramu,  kalok penegak Jadi penegak bantara.

Bila tiba pengisian SKU, hati senang dan gelisah,  " senang nya, akan segera di lantik dan berhak memakai TKU" tanda kecakapan umum ", gelisah nya : karena pasti abis - arisan sama kakak pembina nya untuk di tes,  di setiap materi di pramuka,  mulai materi sejarah pramuka, sampai sejarah pramuka dunia pun di pertanyakan, untuk menguji layak atau tidak nya memakai TKU.

1. Tidak paham materi 

Materi itu di dalam SKU, yang mau di ujian ada sekitar 18 poin untuk penegak,  kebanyakan peserta didik itu menghafal materi tapi tidak paham materi,  nama nya juga menghafal pasti, kalok ingatan nya terganggu oleh orang pasti lupa contoh :

Di sebuah kamar entong,  membaca buku materi pramuka, mulut nya sambil komat - kamit.
Entong : ' PBB ialah peraturan baris- berbaris.

Emak : tong......!!!!

Entong : iya mak,  ada apa.?

Emak : beliin mak cabe di warung.!

Entong : iya mak.

Beberapa saat setelah pulang dari warung

Entong : PBB'  APA YA TADI..?  ADOH LUPA LAGI..

Dari sini ada pelajaran bahwa saat menghafal, sambil beli cabe mengakibatkan lupa ingatan,  ingatan yang di hafalin, nama nya materi ya di pahami aja bukan di hafalin,  kan TES nya presentasi, jadi kalian harus paham.

2. Gerogi 

Gerogi, adalah suatu perasaan yang takut salah dan kurang percaya diri saat bertemu orang baru,  atau orang yang lebih tinggi jabatan nya,. Nah kalok udah Gerogi sendiri apa pun pelajaran pramuka yang kita pahami akan hilang gitu aja,  di fikiran kita kosong dan sulit untuk berfikir, seperti kalian main sepak bola, setiap hari kalian belajar,  mulai passing,  heading, shooting.  Namun saat pertandingan tiba, dan di lapangan banyak sekali penonton pendukung dari tim lawan,  karena kalian punya rasa kurang PD jadi, semua yang kalian pelajari sekejap langsung hilang,  kalian bermain jelek sekali,  seperti orang yang belum pernah main bola,  maka dari itu PD Aja tapi jangan lebay.

3. Pertanyaan tidak masuk akal 

Pertanyaan biasa nya akan di berikan oleh tim penguji, guna nya untuk mengetes seberapa paham nya kalian di materi yang di jelaskan oleh pembina kalian saat latihan,  biasa nya pertanyaan nya ini sangat aneh,  menggemaskan, untuk di dengar oleh siswa yang baru ikut pramuka, contoh :

Misal saat kalian menjelaskan tentang lambang negara, yaitu panca sila.
Pertanyaan yang biasa di pertanyakan : kenapa harus pohon beringin,?  Kenapa nggak pohon kelapa aja yang banyak manfaat nya.?

Kalok kalian yang menghafal materi pasti nggak tau, tapi kalok yang paham pasti bisa jawab,  kenapa pohon beringin..? , emmmmm itu karena pohon beringin mempunyai daun yang lebat dan teduh. Lambang agar warga negara Indonesia saling menghargai dan mengayomi dalam perbedaan.

4. Malas 

Malas adalah sifat manusia,  yang semua manusia mempunyai nya. Tapi ini kalok saat waktu nya mengisi SKU, kalian bermalas-malasan, akan mengakibatkan kalian tidak bisa menjadi pramuka yang mandiri, dan pasti tidak bisa ikut di lantik seusai golongan kalian,  jadi kalok kalian yang malas - malasan,  motivasi nya adalah : semakin kamu bermalas-malasan -  malasan, jutaan saingan mu sedang berlatih keras untuk mengalahkan mu ' maka dari itu bangkit.

5 jam yang kurang tepat 

Yang terakhir kok jam kak.?  Iya karena banyak anak pramuka, tidak tahu waktu,  jika instruksi nya, tes materi saat di jam istirahat sekolah atau pulang sekolah'  nah jadi kalok instruksi nya gitu,  ya harus kalian patuhi,  jangan kalian membolos jam pelajaran hanya untuk mengisi SKU,  apa lagi GURU KILER,  bakal nggak lolos di pelajaran nya,  nilai mu pasti akan jelek,  kalok jelek, kamu nggak naik kelas,  kalok nggak naik kelas,  kamu akan di omelin sama emak mu ' jadi kalok kalian melanggar instruksi akan mengakibatkan kalian tidak naik kelas.

Itu versi saya,  jadi dulu saya juga pernah ikutan ngisi SKU,  saya nggak langsung nulis tentang pramuka gini. Tapi dulu nya belajar pramuka semua yang DI SKU saya pelajari,  jangan  di pelajari,  yang paling susah itu mengamalkan,  banyak tuh yang gagal mengamalkan,  contoh : tidak boleh mengatakan kalimat jorok,.!  Nah ini hal yang kecil sulit sekali untuk di jalankan, iya.?  Apa iya,  iya pasti bener, kalok kalian ada komen silahkan isi di bawah ini.

0 Response to "5 SEBAB TIDAK DI BERI TTD SAAT PENGISIAN SKU"

Post a Comment