Perbedaan TKU BANTARA dan TKU LAKSANA



 Pramuka Nusantara14-, beberapa hari yang lalu saya, mencari tentang perbedaan TKU BANTARA dan LAKSANA,  karena saya kepikiran tentang pertanyaan saya yang dulu waktu saya masih aktif, di pramuka. Pertanyaan itu pun pernah saya ajukan ke kakak pramuka yang ada di daerah saya,  tapi entah! ' nggak ada juga jawaban yang menurut saya cocok,  dan dalam waktu itu saya masih yakin bahwa TKU penegak dan Laksana ini ada perbedaan nya baik bentuk fisik maupun arti yang terkandung dari masing - masing TKU.

Sempat saya cari di google, mesin pencarian nya sejuta umat! ,  lebih see kalok sejuta umat ya, orang di dunia sekarang apa pun tanya di google,  tanya alamat,  materi,  cerita lucu,  tips, cara memperbaiki elektronik, semua nya ada. " walaupun nggak semua tepat dengan yang kita cari,  sama seperti perbedaan TKU bantara dan Laksana,  tidak ada satu artikel yang membahas perbedaan nya,  kebanyakan hanya membahas artinya dari masing - masing TKU."  Padahal perbedaan ini sangat penting, secara tidak sadar kita memiliki pemikiran apa see bedanya  apa cuman tulisan nya aja.

kita bahas TKU PENEGAK BANTARA 

  • TKU PENEGAK BANTARA,  ini memiliki ukuran panjang sisi bawah 5 CM dan panjang sisi atas itu 4 CM kemudian panjang masing - masing panjang kaki sisi miring kiri dan kanan 7 Cm. 
  • Warna TKU penegak hijau tua, TKU berbentuk trapesium, bintang bersudut lima melambangkan tuhan yang maha esa dan pancasila, dan dua buah tunas kelapa mengibaratkan keselarasan Gerakan pramuka penegak dan Pandega putra dan putri yang sedang mengembangkan pribadi untuk cita - cita bangsa dan negara baik di dalam maupun di luar organisasi gerakan pramuka
TKU di pakai di pundak sebelah kiri dan kanan dengan memasukan lidah pada baju Kita 

bahas TKU PENEGAK LAKSANA 


  • Secara ukuran memang nggak ada perbedaan ukuran nya juga masih sama seperti TKU penegak bantara, Walaupun TKU LAKSANA ukuran nya nggak lebih gede atau lebih lebar dari TKU bantara. 
  • Warna juga sama yaitu coklat tua dengan bintang bersudut lima menandakan tuhan yang maha  esa dan pancasila dua tunas kelapa mengibaratkan keselarasan Gerakan pramuka penegak dan Pandega putra dan putri yang sedang mengembangkan pribadi, dan dapat melaksanakan untuk bangsa dan negara, baik di dalam maupun di luar organisasi gerakan pramuka. 
  • TKU LAKSANA di pakai di lidah pundak baju sebelah kiri dan kanan mengibaratkan tugas dan tanggung jawab yang di emban tidak mudah, sebagai penegak LAKSANA. 
DI sini saya mulai mengerti bahwa secara fisik warna, memang tidak beda dan maupun cara pemakaian nya, disini yang membedakan hanya tulisan di bawah tunas kelapa, kalok penegak bantara, jelas tertulis bantara dan begitu juga Laksana , dua ini memiliki tugas yang sedikit berbeda,  LAKSANA sendiri adalah penegak yang sudah mampu dan bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab seorang pelaksana tugas,  dan TKU LAKSANA setingkat lebih tinggi dari Penegak BANTARA. 

Jadi begitu perbedaan nya,  dengan ada nya pembahasan saya kali ini tentang perbedaan TKU BANTARA dan TKU LAKSANA bisa menjawab pertanyaan yang selama ini ada di benak kakak maupun adik - adik siaga dan pengalang,  TKU BANTARA dan TKU LAKSANA sendiri di atur dalam ( SK kwatrir Gerakan Pramuka nomor :058 tahun 1982 tentang petunjuk dan pelaksanaan tanda kecakapan umum) 

Bila ada pertanyaan silahkan kirim via email di menu dasbor Blog ini atau tinggalkan komentar di bawah ini. 

0 Response to "Perbedaan TKU BANTARA dan TKU LAKSANA "

Post a Comment