MATERI SKU SEJARAH TERBENTUK NYA PBB(PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA)


– Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB, Inggris: United Nations, disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan pada 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional.
Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Pada saat pendiriannya, PBB memiliki 51 negara anggota, saat ini terdapat 193 anggota.
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
Selain negara-negara anggota, organisasi internasional dan organisasi-organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen, dengan kantor di Markas Besar PBB, dan beberapa hanya berstatus sebagai pengamat.
Palestina dan Vatikan bukan negara anggota (non-anggota negara) dan termasuk pengamat permanen (Holy See memiliki perwakilan tetap di PBB, sementara Palestina memiliki kantor tetap di PBB)
Markas Besar PBB terletak di Manhattan, New York City, dan memiliki hak ekstrateritorial. Kantor utama lainnya terletak di Jenewa, Nairobi, dan Wina. Organisasi ini didanai dari dinilai dan sukarela kontribusi dari negara-negara anggota.

Tujuan utamanya adalah untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia, mempromosikan dan mendorong penghormatan terhadap hak asasi manusia, pembangunan ekonomi dan sosial asuh, melindungi lingkungan, dan memberikan bantuan kemanusiaan dalam kasus kelaparan, bencana alam dan konflik bersenjata. PBB memiliki enam bahasa resmi, yaitu bahasa Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. dosenpendidikan.com/
Selama Perang Dunia II, Presiden AS Franklin D. Roosevelt untuk memulai pembicaraan pada entitas penerus Liga Bangsa-Bangsa, dan Piagam PBB disusun dalam sebuah konferensi pada bulan April-Juni 1945.
Piagam ini mulai berlaku pada tanggal 24 Oktober 1945, dan PBB mulai beroperasi. Yang pertama Majelis Umum – dihadiri oleh perwakilan dari 51 negara – yang berlangsung baru pada 10 Januari 1946 (di Church House, London).
Namun, misi PBB untuk menjaga perdamaian dunia awalnya cukup sulit untuk dicapai karena Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. PBB untuk berpartisipasi dalam operasi militer di Korea dan Kongo, serta menyetujui pembentukan Israel pada tahun 1947.
Keanggotaan organisasi ini berkembang pesat setelah periode dekolonisasi pada tahun 1960, dan pada tahun 1970 anggaran untuk pembangunan ekonomi dan sosial program jauh melebihi anggaran untuk pemeliharaan perdamaian.
Setelah berakhirnya Perang Dingin, PBB meluncurkan misi militer dan penjaga perdamaian di berbagai belahan dunia dengan hasil yang berbeda.
PBB terdiri dari enam organ utama :
  • Majelis Umum (papan diskusi utama);
  • Dewan Keamanan (dewan membuat beberapa resolusi mengikat perdamaian dan keamanan);
  • Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) (dewan yang mendorong kerja sama dan pembangunan ekonomi dan sosial internasional);
  • Sekretariat (yang berfungsi untuk memberikan studi, informasi, dan fasilitas yang diperlukan PBB);
  • Mahkamah Internasional (badan peradilan primer);
  • Dewan Perwalian PBB (tidak aktif sejak 1994).
Badan-badan khusus di bawah Sistem PBB termasuk Kelompok Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia, World Food Programme, UNESCO, dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Petugas yang paling penting dalam hirarki adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang saat ini dipegang oleh Ban Ki-moon dari Korea Selatan sejak tahun 2007, menggantikan Kofi Annan dari Ghana.
Organisasi dapat memperoleh status konsultatif non-pemerintah dengan ECOSOC dan lembaga lainnya untuk berpartisipasi dalam PBB.

A. Sejarah  Berdirinya PBB

Penandatanganan Piagam PBB di San Francisco, 1945. Liga Bangsa-Bangsa telah gagal mencegah pecahnya Perang Dunia II (1939-1945).
Untuk mencegah pecahnya Perang Dunia Tiga, yang tidak diinginkan oleh seluruh umat manusia, pada tahun 1945 PBB didirikan untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa gagal untuk menjaga perdamaian internasional dan meningkatkan kerjasama dalam memecahkan ekonomi, sosial dan kemanusiaan.
Rencana konkrit awal untuk organisasi dunia baru dimulai di bawah naungan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 1939. Franklin D. Roosevelt diyakini menjadi yang pertama menciptakan istilah “United Nations” atau Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai istilah untuk menggambarkan negara-negara Sekutu .
Istilah ini pertama kali secara resmi digunakan pada 1 Januari 1942, ketika 26 pemerintah menandatangani Piagam Atlantik, yang masing-masing negara berjanji untuk melanjutkan usaha perang.
Pada tanggal 25 April 1945, Konferensi PBB tentang Organisasi Internasional dimulai di San Francisco, dihadiri oleh 50 pemerintah dan sejumlah organisasi non-pemerintah yang terlibat dalam penyusunan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
PBB resmi dibentuk pada 24 Oktober 1945 atas ratifikasi Piagam oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan-Perancis, Republik Cina, Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat-dan mayoritas dari 46 anggota lainnya. Majelis Umum pertama, dengan 51 wakil negara, dan Dewan Keamanan, diadakan di Westminster Central Hall di London pada Januari 1946.
Posisi organisasi ini awalnya menggunakan bangunan Sperry Gyroscope Corporation di Lake Success, New York, dari tahun 1946 sampai 1952. Sampai gedung Markas Besar PBB di Manhattan telah selesai. Sejak berdirinya, banyak kontroversi dan kritik yang ditujukan pada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Di Amerika Serikat, PBB mulai saingan John Birch Society, yang memulai kampanye untuk “mendapatkan US keluar dari PBB” pada tahun 1959, dan menuduh bahwa tujuan PBB adalah mendirikan “One World Government” atau Pemerintah Seluruh Dunia .
Setelah Perang Dunia II berakhir, akhir Komite Kemerdekaan Perancis diakui oleh AS sebagai pemerintah resmi Perancis, sehingga Perancis awalnya tidak termasuk dalam konferensi untuk membahas pembentukan PBB.
Charles de Gaulle menyindir PBB dengan memanggil le Machin dalam bahasa Indonesia:“Si Itu”, dan tidak yakin bahwa aliansi keamanan global akan membantu menjaga perdamaian dunia, dia lebih percaya diri dalam pakta perjanjian / pertahanan antar negara secara langsung.

B. Dasar Hukum Pembentukan PBB

Tak lama setelah berdirinya PBB mencari pengakuan sebagai badan hukum internasional untuk menerima “Kompensasi Untuk UN Lebih dari cedera yang dideritanya”, disertai dengan pendapat Mahkamah Internasional (ICJ).
Pertanyaan yang muncul adalah “Apakah PBB, sebagai organisasi, memiliki hak untuk meminta klaim internasional terhadap cedera yang berhubungan dengan pemerintahan tertentu yang diderita oleh PBB, yang diduga telah disebabkan oleh negara / pemerintah.”
Organisasi (PBB) bermaksud untuk melaksanakan hak dan kewajiban, dan pada kenyataannya ia mampu melaksanakan kewajiban dan menerima hak-hak tertentu hanya dapat dijelaskan jika memiliki kapasitas besar kepribadian internasional dan mampu beroperasi di ranah internasional.
Dengan demikian, Mahkamah telah sampai pada kesimpulan bahwa Organisasi ini (PBB) adalah Badan Hukum Internasional.

C. Organisasi PBB

Sistem PBB berdasarkan lima organ utama (sebelumnya enam – Dewan Perwalian dihentikan operasinya pada tahun 1994, setelah kemerdekaan Palau, wilayah kepercayaan PBB hanya tersisa), Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC ), Sekretariat, dan Mahkamah Internasional.
Lima dari enam organ utama Perserikatan Bangsa-Bangsa terletak di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terletak di wilayah internasional di kota New York. Mahkamah Internasional yang berbasis di Den Haag, sementara lembaga-lembaga besar lainnya mempunyai basis di kantor PBB di Jenewa, Wina, dan Nairobi. Badan PBB lainnya tersebar di seluruh dunia.
Enam bahasa resmi PBB, yang digunakan dalam pembuatan pertemuan dan dokumen antar pemerintah, adalah Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol.
Sekretariat dan Dewan Keamanan menggunakan dua bahasa kerja, bahasa Inggris dan Perancis, sedangkan Majelis Umum menggunakan tiga bahasa kerja, bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.
Empat dari bahasa resmi adalah bahasa nasional dari anggota tetap Dewan Keamanan (Inggris dan Amerika Serikat masing-masing menggukanan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi secara de facto), Spanyol, dan Arab adalah bahasa dari dua bahasa resmi terbesar blok di luar anggota tetap (Spanyol adalah bahasa resmi di 20 negara, sedangkan Arab di 26).
Lima dari bahasa resmi dipilih ketika PBB didirikan, Bahasa Arab ditambahkan kemudian pada tahun 1973. Editorial PBB Manual menyatakan bahwa standar untuk dokumen bahasa Inggris dari bahasa Inggris (British-English) di Oxford ejaan, menulis bahasa Cina standar menggunakan karakter Cina Sederhana, sebelumnya menggunakan Hanzi tradisional di 1971 ketika representasi PBB untuk “Cina” perubahan Republik Cina ke Republik Rakyat Cina.

D. Lembaga terkait dengan PBB

1. Majelis Umum
Majelis Umum adalah majelis musyawarah utama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari semua negara anggota PBB, majelis bertemu setiap tahun di bawah kepemimpinan terpilih dari negara-negara anggota.
Selama periode dua minggu awal setiap sesi, semua anggota memiliki kesempatan untuk berbicara di depan papan. Biasanya, Sekretaris Jenderal pidato pertama, diikuti oleh ketua dewan.
Sidang pertama diadakan pada tanggal 10 Januari 1946 di Westminster Central Hall di London dan dihadiri oleh perwakilan dari 51 negara.
2. Dewan Keamanan
Dewan Keamanan ditugaskan untuk menjaga perdamaian dan keamanan antar negara. Jika organ-organ lain dari PBB hanya bisa membuat ‘rekomendasi’ untuk pemerintah negara anggota, Dewan Keamanan memiliki kekuatan untuk membuat keputusan yang mengikat bahwa pemerintah negara anggota telah sepakat untuk melaksanakan, menurut ketentuan Piagam Pasal 25. Keputusan Dewan dikenal sebagai Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
3. Sekretariat
Sekretariat PBB dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal, dibantu oleh suatu staf pegawai sipil internasional dari seluruh dunia. Tugas utama dari Sekretaris Jenderal adalah menyediakan penelitian, informasi, dan fasilitas yang diperlukan oleh badan-badan PBB untuk pertemuan mereka.
Dia juga membawa tugas seperti yang diarahkan oleh Dewan Keamanan PBB, Majelis Umum PBB, Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan badan PBB lainnya.
Piagam PBB menjelaskan bahwa staf yang akan dipilih oleh penerapan “standar tertinggi efisiensi, kompetensi, dan integritas,” dengan memperhatikan pentingnya merekrut secara geografis tersebar luas.
4. Sekretaris Jenderal
Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, yang bertindak sebagai juru bicara de facto dan pemimpin PBB. Sekretaris Jenderal saat ini Ban Ki-moon, yang mengambil alih dari Kofi Annan pada tahun 2007 dan akan memenuhi syarat untuk pengangkatan kembali ketika masa jabatan pertamanya berakhir pada tahun 2011.
Dibayangkan oleh Franklin D. Roosevelt sebagai “moderator dunia”, posisi ini ditetapkan dalam Piagam PBB sebagai “kepala pegawai administrasi” organisasi, tetapi Piagam juga menyatakan bahwa Sekretaris Jenderal dapat membawa ke perhatian Dewan Keamanan “setiap masalah yang menurut pendapat diatas bisa mengancam bahaya dalam pemeliharaan perdamaian dan keamanan dunia”, memberikan ruang lingkup yang lebih besar untuk posisi aksi di panggung dunia.
Posisi ini telah berkembang menjadi peran ganda dari administrator organisasi PBB, dan seorang diplomat dan mediator menangani sengketa antara negara-negara anggota dan menemukan konsensus dalam menangani isu-isu global.
5. Mahkamah Internasional
Mahkamah Internasional (ICJ), yang terletak di Den Haag, Belanda, adalah badan peradilan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Didirikan pada tahun 1945 oleh Piagam PBB, Pengadilan mulai bekerja pada tahun 1946 sebagai penerus ke Mahkamah Tetap Kehakiman Internasional.
Statuta Mahkamah Internasional, seperti pendahulunya, adalah dokumen utama yang konstitusional dan mengatur Pengadilan.
Hal ini didasarkan di Istana Perdamaian di Den Haag, Belanda, berbagi gedung dengan Akademi Hukum Internasional Den Haag, pusat swasta untuk studi hukum internasional.
Hakim saat Pengadilan adalah baik alumni atau mantan anggota fakultas dari Akademi. Tujuannya adalah untuk mengadili sengketa antara negara. Pengadilan telah mendengar kasus yang berkaitan dengan kejahatan perang, campur tangan negara ilegal dan pembersihan etnis, antara lain, dan terus untuk mendengar kasus.
6. Dewan Ekonomi dan Sosial
Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) membantu Majelis Umum dalam mempromosikan kerjasama dan pembangunan ekonomi dan sosial internasional.
ECOSOC memiliki 54 anggota, yang dipilih oleh Majelis Umum untuk masa jabatan tiga tahun. Presiden dipilih untuk jangka waktu satu tahun dan dibagi di antara kekuatan kecil atau menengah yang berada di ECOSOC. ECOSOC bertemu sekali setahun pada bulan Juli untuk sesi empat minggu.
Sejak tahun 1998, ia telah mengadakan pertemuan lain setiap bulan April dengan menteri keuangan yang menduduki komite kunci dari Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).
Dilihat terpisah dari badan-badan khusus yang ia bersama-ordinasi, fungsi ECOSOC mencakup pengumpulan informasi, menasihati negara anggota, dan membuat rekomendasi.
Selain itu, ECOSOC adalah posisi yang baik untuk memberikan koherensi kebijakan dan mengkoordinasikan fungsi tumpang tindih badan anak-anak PBB dan peran itu adalah ECOSOC yang paling aktif.
7. Lembaga Khusus
Ada banyak organisasi dan badan-badan PBB yang berfungsi untuk bekerja pada isu-isu tertentu. Beberapa lembaga yang paling terkenal adalah Badan Energi Atom Internasional, Organisasi Pangan dan Pertanian, UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization PBB), Bank Dunia dan Organisasi
8. Kesehatan Dunia.
Ini adalah melalui badan-badan PBB yang melakukan sebagian besar pekerjaan kemanusiaan. Contohnya termasuk program vaksinasi massal (melalui WHO), menghindari kelaparan dan gizi buruk (melalui karya WFP) dan perlindungan masyarakat rentan dan pengungsi (misalnya, oleh UNHCR). Piagam PBB menyatakan bahwa setiap organ utama PBB dapat membangun berbagai badan khusus untuk memenuhi tugasnya.
9. Kebijakan personil
PBB dan lembaga-lembaganya kebal terhadap hukum negara di mana mereka beroperasi, untuk menjaga
Ketidakberpihakan PBB sehubungan dengan negara tuan rumah dan anggota.
Meskipun mereka relatif independen dalam hal kebijakan sumber daya manusia, PBB dan lembaga-lembaganya yang sukarela menerapkan hukum negara-negara anggota mengenai pernikahan sesama jenis, sehingga keputusan tentang status karyawan dalam sebuah kemitraan yang sama-seks didasarkan pada kebangsaan karyawan.
PBB dan lembaga-lembaga mengakui pernikahan sesama jenis hanya jika karyawan tersebut warga negara negara yang mengakui pernikahan sesama jenis.
Praktek ini tidak secara khusus membahas pengakuan perkawinan sesama jenis tetapi mencerminkan praktik umum PBB untuk sejumlah masalah sumber daya manusia. Catatan yng perlu di ingat adalah bahwa sebagian lembaga memberikan suatu manfaat yang terbatas pada mitra domestik, staf mereka dan beberapa lembaga tidak mengakui pernikahan sesama jenis atau kemitraan domestik staf mereka.

E. Tujuan PBB

1. Pemeliharaan Perdamaian dan Keamanan
PBB, setelah disetujui oleh Dewan Keamanan, mengirim pasukan penjaga perdamaian ke daerah-daerah di mana konflik Bersenjata baru-baru ini berhenti atau berhenti sejenak untuk menegakkan ketentuan perjanjian perdamaian dan untuk mencegah pejuang dari kedua belah pihak melanjutkan permusuhan.
Karena PBB tidak mempertahankan militer sendiri, pasukan perdamaian secara sukarela diberikan oleh negara-negara anggota PBB. Pasukan, juga disebut “Blue Helm”, yang menegakkan kesepakatan PBB, diberikan Medali PBB, yang dianggap dekorasi internasional bukan dekorasi militer.
Pasukan penjaga perdamaian secara keseluruhan menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1988.Para pendiri PBB telah mempertimbangkan bahwa organisasi akan bertindak untuk mencegah konflik antara negara dan membuat perang pada masa depan tidak mungkin, tetapi pecahnya Perang Dingin membuat perjanjian perdamaian sangat sulit karena pembagian dunia ke dalam kamp-kamp yang bermusuhan.
Menyusul akhir Perang Panggilan, ada yang baru dingin bagi PBB untuk menjadi agen untuk mencapai perdamaian dunia, karena ada beberapa lusin konflik berkelanjutan yang terus berlangsung di seluruh dunia.
2. Hak Asasi Manusia dan Bantuan Kemanusiaan
Penegakan hak asasi manusia merupakan alasan utama untuk menciptakan PBB. Kekejaman perang dan genosida
Perang Dunia II menyebabkan munculnya konsensus bahwa organisasi baru harus bekerja untuk mencegah tragedi serupa di masa depan.
Tujuan awal adalah menciptakan kerangka hukum untuk mempertimbangkan dan bertindak atas keluhan tentang pelanggaran hak asasi manusia.
Piagam PBB mewajibkan semua negara anggota untuk mempromosikan “penghargaan universal bagi, dan kepatuhan terhadap, hak asasi manusia” dan mengambil “tindakan kolektif dan terpisah “untuk itu.
Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, meskipun tidak mengikat secara hukum, diadopsi oleh Majelis Umum pada tahun 1948 sebagai standar umum keberhasilan untuk semua. Majelis teratur mengambil isu-isu hak asasi manusia.
3. Pembangunan Sosial dan Ekonomi
PBB terlibat dalam mendukung pembangunan, misalnya, dengan perumusan Pembangunan Milenium. Badan Program Pembangunan (UNDP) adalah sumber multilateral terbesar dari bantuan teknis hibah di dunia.
Organisasi seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNAIDS, dan Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria pemimpin lembaga dalam pertempuran melawan penyakit di seluruh dunia, terutama di negara-negara miskin.
Dana Kependudukan PBB merupakan penyedia utama layanan reproduksi. 32 badan PBB yang bertujuan untuk memajukan pengembangan mengkoordinasikan upaya mereka melalui United Nations Development Group
atau UNDG.
4. Mandat
Dari waktu ke waktu, tubuh yang berbeda dari PBB mengeluarkan resolusi yang mengandung paragraf operasi dimulai dengan “permintaan” kata-kata, “disebut”, atau “push”, yang Sekretaris Jenderal menafsirkan sebagai mandat untuk membentuk organisasi sementara atau melakukan sesuatu.
Mandat ini bisa sesedikit meneliti dan menerbitkan laporan tertulis, atau operasi pemasangan penjaga perdamaian besar-besaran.
Meskipun badan-badan khusus, seperti WHO, yang awalnya dibentuk oleh cara ini, mereka tidak sama dengan mandat karena mereka adalah organisasi permanen yang ada secara independen dari PBB dengan struktur keanggotaan mereka sendiri.
Orang bisa mengatakan bahwa mandat asli hanya untuk menutupi proses pembangunan lembaga tersebut, dan karena itu lama berakhir.
Kebanyakan mandat berakhir setelah waktu yang terbatas dan membutuhkan perpanjangan dari tubuh, yang memerintah mereka.

0 Response to "MATERI SKU SEJARAH TERBENTUK NYA PBB(PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA)"

Post a Comment